Thursday, January 31, 2013

Kasus Luthfi bisa perburuk citra PKS

Selepas Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN), kini giliran Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diguncang masalah menghebohkan. Presiden partai bernuansa Islam ini, Luthfi Hasan Ishaaq, menjadi tersangka dalam kasus impor daging sapi.

Komisi Pemberantasan Korupsi Rabu malam mengumumkan status itu dan langsung menjemput tersangka di kantor Dewan Pimpinan Pusat PKS, bilangan T.B Simatupang, Jakarta Selatan. Para pentolan partai mendadak bungkam. telepon seluler mereka sulit dihubungi.

Akhirnya, Tifatul Sembiring, mantan presiden PKS dan kini menjabat menteri komunikasi dan informasi buka suara. Dia mengakui kasus menimpa Luthfi bakal mempengaruhi citra PKS. Berikut penuturan Tifatul saat dihubungi Islahuddin dan Faisal Assegaf dari merdeka.com melalui telepon selulernya, Kamis (31/1):

Bagaimana komentar Anda tentang penetapan Luthfi Hasan sebagai tersangka oleh KPK?

Pertama, tentunya kami menghormati proses hukum sedang berlangsung di KPK. Kita berharap proses itu akan berjalan adil dan tidak terpengaruh oleh tekanan politik dari pihak mana pun.

Apakah Anda pernah menyangka sebelumnya presiden PKS akan menjadi tersangka?

Kalau soal itu kami kaget semua. Ini yang tertangkap tangan bukan Pak Luthfi, ini adalah Pak Polman adalah teman dari Pak Luthfi. Pak Lutfi juga sebelumnya belum pernah dipanggil, jadi saat ditetapkan sebagai tersangka, kami juga kaget. Pada intinya, PKS akan memberikan bantuan hukum kepada Pak Luthfi. Kami menghormati asa praduga tak bersalah.

Yusuf Supendi pernah melaporkan elite PKS ke KPK, apakah ini salah satu efeknya?

Semua tuduhan Yusuf Supendi itu sudah terbantahkan di pengadilan. Tuduhan-tuduhan itu tidak benar. Artinya kalau kita berpegang kepada keputusan hakim pada waktu itu, tidak ada kaitannya dengan yang sekarang. Sekarang ini, tuduhannya itu menerima suap untuk impor daging. Pak Luthfi ini anggota komisi I tidak terkait peternakan, tapi bidang hubungan luar negeri, pertahanan, komunikasi, dan informatika.

Saat penetapan menjadi tersangka, dia sedang berada di mana?

Sedang rapat di Kantor Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera.

Apakah sudah tahu Luthfi akan menjadi tersangka, baru kemudian menggelar rapat?

Itu belum dipanggil belum diapakan juga. Kami juga kaget, yang disebut bertahun-tahun di televisi belum juga jadi tersangka. Tapi baru kemarin malah Pak Luthfi jadi tersangka.

Apakah ada motif politik menjelang 2014 buat merusak popularitas PKS?

Kami juga waspada karena memang suasananya sedang panas jelang 2014. Tapi apa pun kami serahkan kepada KPK dan kami imbau agar tidak ada tekanan politik. Hal ini tidak dikaitkan dengan politik.

Kalau sampai Luthfi masuk penjara, apakah PKS sudah menyiapkan calon presiden dan wakil presiden?

Saat Pak Luthfi masih di DPP saja, kita belum menentukan calon presiden dan wakil presiden.

Bukankah nama Luthfi pernah dimunculkan dalam bursa calon presiden PKS?

Keputusan majelis syuro terakhir belum menetapkan calon presiden dan calon wakil presiden. Kami akan menunggu perolehan hasil pada 2014 dari legislatif.

Apakah status Luthfi ini akan mempengaruhi popularitas PKS ini?

Kalau diserang setiap hari akan berpengaruh. Tapi maksud saya, idealisme perjuangan PKS tidak akan kiamat. Kalau dibandingkan partai-partai lain jumlah kadernya sudah tertangkap sudah ada yang puluhan, bahkan ada yang belasan.

Bukankah partai lain hanya kader biasa tapi PKS langsung presidennya?

Iya jelas itu ada pengaruhnya.

Apakah sudah ada gejolak di tingkat bawah kader PKS dengan status Luthfi ini?

Kita memberikan penjelasan-penjelasan kepada kader.

Bagaimana tanggapan Hilmi Aminuddin selaku ketua dewan syuro?

Sampai saat ini belum ada, sampai saat ini masih rapat.

Partai mana mengambil untung dari status Luthfi?

Jangan kira-kira dong. Saya mengimbau supaya tidak ada tekanan politik (dengan nada meninggi). Kira-kira partai lain maksud situ apa?

Bukankah Anda tadi bilang, ini tahun panas jelang 2014. Partai mana menurut Anda akan menrusak popularitas PKS. Demokrat dengan kasus Hambalang, PAN dengan Wanda, dan tiba-tiba sekarang PKS?

Itu perlu analisa dalam. Kita tidak bisa tiba-tiba menuding, itu tidak boleh juga. Bukan hanya sesama Islam, yang lain juga. Panas maksud saya jelang 2014 ini bukan itu maksudnya tapi persaingannya.

Selama ini presiden PKS dikenal bersih, apakah ada yang salah dari seleksi kader di PKS dan makin turunnya kredibilitas kader?

Tidak. Yang tertangkap tangan bukan Pak Lutfi-nya. Itu pengakuan dari yang tertangkap tangan, kalau uang itu untuk Pak Luthfi. Pak Luthfi juga tidak tahu. Kita serahkan saja ke KPK, kita lihat saja bukti-buktinya nanti. Makanya nanti itu keputusannya di pengadilan.

Apakah Anda yakin Luthfi akan bebas dari semua tuduhan?

Kita berharap seperti itu. Selama saya bergaul dengan Pak Luthfi, sejak jadi tetangga sampai sekarang, tidak ada gejala-gejala begini. Beliau sederhana, tidak neko-neko.

Apa sanksi kader PKS terbukti korupsi dalam peraturan partai?

Kalau terlibat, berarti terbukti. Ini baru pertama kali kader PKS kena. Kalau cuma dituding tidak bisa (kena sanksi). Kita lihat dulu masalahnya. Kita ada aturan membahas hal itu namanya bidang syariah pusat. Itu yang menetapkan sanksi kepada angggota atau semua kader.

Biodata:

Nama:
Tifatul Sembiring

Tempat dan Tanggal Lahir:
Bukittinggi, Sumatera Barat, 28 September 1961

Pendidikan:
Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer, Jakarta

Karir:
Humas Partai Keadilan
Ketua DPP PKS Wilayah Dakwah I Sumatera
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (2005-2010)
Menteri Telekomunikasi dan Informatika (2009-sekarang)

Article source: http://www.solopos.com/2012/12/22/2013-ada-kloter-haji-khusus-lansia-360993


Kasus Luthfi bisa perburuk citra PKS

0 comments :

Post a Comment