Wednesday, January 1, 2014

PENYELENGGARAAN HAJI 2014, Kemenag Sumbar Optimalkan Pelayanan

PENYELENGGARAAN HAJI
2014, Kemenag Sumbar
Optimalkan Pelayanan

Kamis, 2 Januari 2014


PADANG (Suara Karya): Secara keseluruhan, penyelenggaraan ibadah haji tahun 2013 berjalan lancar dan sesuai harapan. Meski demikian, tak dipungkiri masih ditemukan sejumlah kendala dan masalah di lapangan.


Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumbar Syamsuir Ilyas, di Padang, Sumbar, baru-baru ini. “Alhamdulillah, semua berjalan lancar dan sesuai harapan.

Apalagi, Bengkulu sudah punya embarkasi antara, jadi jemaahnya langsung ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) tanpa menginap di Asrama Haji Padang. Kita akan optimalkan pelayanan pada 2014,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Kemenag Sumbar dipimpin Kepala Kanwil Syahrul Wirda selaku Ketua Panitia Peberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang, telah menggelar rapat evaluasi pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji tahun 2013 hanya dua hari setelah kedatangan jemaah kloter terakhir dari Tanah Suci. Yakni, Jumat (15/11), di Aula Asrama Haji Padang.

Rapat itu dihadiri seluruh panitia dari setiap instansi dan elemen masyarakat yang terlibat dalam kepanitiaan haji, seperti Dinas Kesehatan Sumbar, Dinas Perhubungan Sumbar, Imigrasi Padang, Polda Sumbar, TNI, Biro Binsos Pemprov Sumbar, PT Angkasa Pura II, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Rapat menghasilkan sejumlah komitmen, agar pelaksanaan haji tahun depan lebih baik lagi. Dalam rapat itu, beberapa instansi terkait mengakui masih adanya kekurangan selama pelaksanaan haji tahun ini.

Pada prinsipnya, mereka berjanji akan memperbaiki semua kekurangan tersebut, sehingga tahun depan tidak lagi ditemui keluhan dari jemaah. Salah satunya dari Angkasa Pura II, yang berjanji akan memperbaiki pelayanannya, seperti menambah eskalator, dan memperbaiki fasilitas lainnya seperti toilet, dan sebagainya.

“Selain itu, pihak Polda Sumbar juga berjanji memi-nimalisasi segala kekurangan pada pelaksanaan haji 2013 agar pelaksanaan haji 2014 dapat berjalan baik,” ujar mantan Kepala Kantor Kemenag Mentawai ini.

Dalam kesempatan tersebut, Syamsuir Ilyas mengisahkan pengalamannya ketika bertugas di Mentawai pada 2011. Ketika itu, ia berhasil memberangkatkan delapan mualaf. “Mereka bagian dari 35 warga muslim di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang menunaikan haji tahun 2011,” ucapnya.

Sebenarnya, tutur dia, mereka baru mendaftar tahun 2009 dan 2010. “Tapi karena ada perlakuan khusus yang seharusnya berangkat tahun 2017 dan 2018, 2011 mereka bisa menunaikan haji,” katanya.

Menurut Syamsuir, terwujudnya cita-cita para mualaf dari Mentawai itu tak lepas dari perjuangan Kakanwil Kemenag Sumbar ke Kemenag pusat. Semula, lanjut dia, saat Sekjen Kemenag Bahrul Hayat berkunjung ke Padang beberapa waktu lalu, Pemprov Sumbar meminta agar warga Mentawai diprioritaskan berangkat haji tanpa menunggu 9 hingga 10 tahun ke depan.

“Alhamdulillah, pihak bank penerima setoran biaya penyelenggaran ibadah haji (BPS-BPIH) yakni Bank Nagari dan BRI, telah diberikan informasi kalau 35 orang jemaah tersebut bisa melunasi setoran hajinya dan bisa segera diberangkatkan,” katan Syamsuir. (Yudhiarma)

Article source: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/13/12/13/mxpojk-membangun-amal-usaha


PENYELENGGARAAN HAJI 2014, Kemenag Sumbar Optimalkan Pelayanan

0 comments :

Post a Comment