Thursday, April 11, 2013

Tapteng, Negeri Wisata Sejuta Pesona

Medan, (Analisa).Kabupaten Tapanuli Tengah ternyata menyimpan sejuta objek wisata yang mempesona. Hal itu, terlihat dari antusias pengunjung PRSU ke 42 yang menggali informasi di Paviliun Tapteng di Taman Impian Kebudayaan (Tapian Daya) di Jalan Gatot Subroto Medan.


Negeri wisata sejuta pesona ini, memiliki objek wisata yang memukau wisatawan. Pantauan Analisa, Senin, 8/4), pengunjung PRSU senantiasa memasuki Paviliun Tapteng di PRSU.


Para pengunjung disuguhi dengan miniatur objek wisata pulau mursala yang indah. Selain itu, ada pula pantai kahona yang mirip pantai di pulau Bali,” ujar Penanggungjawab Paviliun Tapteng yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Perekonomian dan pembangunan Setdakab Tapteng Berlin Doloksaribu SE kepada wartawan beberapa waktu lalu.


Menurutnya, ada ratusan pulau dan pantai yang menawan seperti, pulau Mursala berjarak 15 Mil ke Pulau Pandan. Pulau yang terletak di kecamatan Tapian Nauli ini, ada air terjun yang sangat indah.


Terumbu karang


Menariknya lagi, ada terumbu karang dan ikan nemo yang dipertemukan air tawar dan air laut. Pesona lainnnya, di pulau Situngkus, Porlak, Bakkar, Batu, Raja Jangi, Putih, dan Putri Ruduk.


Senjutnya, wisata pantai, meliputi Pantai Bakkar, Pandan, Muara, Binasi, terumbu karang Pantai Botot, Sitiris- tiris dan lainnya. Selain itu, ada juga wisata air terjun seperti air terjun Pane, Aloban, Sibuni- buni, Aek Nabobar, Parhonangan Gajah, Golkar, Aek Horsik, Ake Miranti, dan Huraraja, serta Siabal-abal.


Menurutnya , di Tapteng ada wisata relegi, yaitu sejarah masuknya Islam pertama kali di Tapteng seperti, di Barus ada makam Mahligai, Papan, Tuan Ambar, Tuan Ibrahim Syah, Tuan Macdum. Sedangkan, di Bonan Dolok ada tugu perjuangan, Makam Ferdinand L Tobing, Raja Panggabean dan di Andam Deli ada batu Ping.


Untuk itu, Tapteng dilengkapi dengan hotel berbintang dan bandara, yang dalam waktu dekat ini, bisa masuk pesawat terbang dengan rute, Tapteng- Jakarta.


Semua ini, dilakukan Bupati Tapteng, Raja Bonaran Situmeang SH MHum untuk memberdayakan dunia pariwisata Tapteng. Hal ini, terbukti dari banyaknya artis ibukota, tokoh nasional dan publik figur yang datang ke Tapteng, tandas Berlin. (iqb)


Article source: http://news.liputan6.com/read/559376/ikatan-pelajar-nu-kecam-penyerangan-pesantren-al-idrisiyyah


Tapteng, Negeri Wisata Sejuta Pesona

0 comments:

Post a Comment