Thursday, January 31, 2013

IAIN Walisongo Turut Selenggarakan SNMPTN




SEMARANG, suaramerdeka.com – Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAIN) IAIN Walisongo Semarang tahun 2013 ini akan turut bergabung dan menyelenggarakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kendati demikian, IAIN Walisongo juga tetap mengadakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PTAIN.

Hal itu disampaikan Rektor IAIN Walisongo Prof Dr Muhibbin Noor MA disela rapat senat terbuka pelepasan wisudawan IAIN di Auditorium II Kampus III PTAIN tersebut, Kamis (31/1).

Dia mengatakan, bersama Undip dan Unnes di wilayah Semarang ini pihaknya termasuk sebagai peserta penyelenggara SNMPTN khususnya melalui seleksi jalur tulis. “Jadi IAIN Walisongo mengadakan seleksi sebatas ujian tertulis. Sedangkan SNMPTN melalui jalur undangan atau penilaian rapor belum bisa dilakukan,” ungkapnya.

Saat ini IAIN Walisongo sudah berkoordinasi dengan PT Negeri yang ada di Semarang seperti Undip dan Unnes. Adapun, kedua PTN tersebut telah bersedia untuk mendukung bahkan siap membantu untuk tenaga pengawasnya. Sehingga, untuk penerimaan mahasiwa baru di IAIN Walisongo tahun 2013 ini ada tiga macam cara. Yakni SNMPTN tertulis, Jalur SPMB PTAIN jalur undangan dan ujian tertulis dan Jalur mandiri atau reguler.

Kendati belum dapat berpartisipasi pada jalur undangan, namun IAIN Walisongo tetap menyelenggarakan SPMB PTAIN. Prosedurnya sama persis seperti SNMPTN, hanya saja SPMB PTAIN ini hanya bagi calon mahasiswa yang mendaftar di PTAIN di bawah Kementerian Agama. “Kami membuka jalur undangan yakni untuk siswa-siswa yang berprestasi dan jalur tertulis,” tutur Muhibbin.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kuota SPMB PTAIN di IAIN Walisongo lebih tinggi dari SNMPTN yakni sebanyak 25 persen. Rencana tahun ini IAIN Walisongo akan menerima 2.600 mahasiswa. Kondisi tersebut meningkat dari tahun lalu, karena 2012 pihaknya hanya menerima mahasiwa 2.000 saja. 

“Maka itu saya mengambil kebijakan agar dosen-dosen IAIN yang diperbantukan mengajar di PT swasta akan kami tarik untuk mengabdi di kampus ini saja. Karena dengan jumlah mahasiswa sekian kami akan kekurangan tenaga pengajar,” jelasnya.

Sementara itu dalam prosesi wisuda, IAIN Walisongo telah meluluskan 427 mahasiswa. Dengan rincian dari Fakultas Dakwah 30 orang, Fakultas Syariah 110 orang, Fakultas Tarbiyah 232 orang, Fakultas Ushuluddin 30, Program Pascasajana 11 orang Magister, 11 orang Doktor.

“Dengan demikian, hingga sekarang ini IAIN Walisongo telah meluluskan 27 orang doktor, 1.074 magister, 23.066 orang sarjana, 336 ahli madya dan 236 ahli muda,” tandas Muhibbin.

(
Anggun Puspita / CN31 / JBSM
)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter
twitter
dan Facebook
Facebook

Article source: http://www.merdeka.com/jakarta/039dinas-peternakan-harus-perketat-penjualan-daging-babi039.html


IAIN Walisongo Turut Selenggarakan SNMPTN

0 comments :

Post a Comment